SMP Islam Alhasanah untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan tahunan, SMPIAH Amazing Day yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Februari 2021. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini rangkaian kegiatan terdiri atas English Seminar dan Friendship Competition. Dengan mengusung tema, English is Fun and Game to Play, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman bahwa belajar bahasa Inggris itu menyenangkan serta memotivasi siswa agara pecaya diri dalam berbahasa Inggris. Pada SMPIAH Amazing Day kali ini diikuti 237 peserta seminar berasal dari siswa SD Se- Kota Bengkulu dan siswa SMP Islam Al Hasanah. Sedangkan Friendship Competition diikuti sebanyak 41 peserta yang tergabung dalam tiga cabang lomba.

Rangkaian kegiatan SMPIAH Amazing Day dimulai dari kegiatan perlombaan dipagi hari dengan mengusung tiga cabang perlombaan yakni short speech, story telling, dan spelling bee. Perlombaan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah dengan menyambut para guru pendamping dan peserta. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Peserta lomba yang datang dari berbagai siswa SD begitu antusias menyambut kompetisi dengan tidak melupakan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Para juri larut dalam kesibukan memperhatikan penampilan peserta sambil memberikan penilaian. Suasana sedikit tegang dan bahagia ketika memasuki babak final lomba Spelling Bee. Para peserta bersorak ria menyaksikan teman mereka mengeja huruf satu per satu. Kegiatan perlombaan diakhiri dengan acara foto bersama juri.

Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Bahasa Inggris daring melalui Zoom Meeting pada pukul 13.30 WIB. Peserta dengan khidmat mengikuti acara pembukaan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Islam Al Hasanah. Setelah pembukaan, moderator seminar yakni Ustazah Selly Fransiska, S.Pd., memperkenalkan pembicara kepada peserta yang sudah terlihat antusias. Dengan ditemani teman dan orangtua, peserta seminar turut menyapa Miss Rebecca yang terlihat sudah membagikan materi dari negeri Italia. Seminar berlangsung dengan gelak tawa dan tepuk tangan meriah ketika pembicara mengajak peserta untuk memainkan berbagai permainan. Tiba diakhir acara, seminar ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dari SD IT Al Hasanah, SDN 16 Kota Bengkulu, dan SDIT Al-Aufa.

Dalam kata sambutan acara seminar, Kepala Sekolah SMP Islam Al Hasanah, Riantika, S.Si., beliau berkata “Kalau ada yang bilang, Ah, nggak mau belajar Bahasa Inggris, itu bahasa orang munafik yang ditulis lain dibaca. Itu sebenarnya alasan tidak mau belajar. Kalau kita punya keinginan sesuatu, kita akan punya seribu alasan untuk melakukannya. Namun, kalau kita tidak ingin melakukan sesuatu, maka kita punya seribu alasan untuk tidak mau belajar.”

Selain motivasi tersebut, beliau turut menghimbau kepada siswa SMP Islam Al Hasanah untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan adanya acara seminar ini apalagi nantinya mereka harus mengikuti kegiatan Cross Cultural Understanding ke luar negeri. Tak lupa beliau turut memberikan aprseiasi kepada siswa SD yang sudah sejak dini memiliki minat dalam belajar bahasa Inggris.

Sesuai dengan visi dan misi SMPI AL HASANAH yaitu visi menjadi lembaga pendidikan Qur’ani, berwawasan global dan mengubah Menguasai IPTEK. Misi menumbuhkan budaya berbahasa asing dan menciptakan atmosfer berbahasa dilingkungan sekolah adalah hal yang terus diupayakan. Di SMPI AL HASANAH, kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris mempunyai tempat khusus yang wajib diikuti baik guru dan siswa.

Share This

Share This

Share this post with your friends!